fbpx

Artikel STD #5 [ Deforestasi di masa pandemi

Artikel STD#4 [Langkah Produktif dan Inovatif: #DirumahAja dengan Kegaitan Akuaponik]
November 30, 2020
Show all

Deforestasi di masa pandemi

 

 Hello #FamilIAAS

Hutan merupakan salah satu bentuk kehidupan yang tersebar di seluruh dunia. Hutan memegang peranan penting dalam kehidupan makhluk hidup. Sebagai fungsi ekosistem, hutan memiliki peran yang sangat penting dalam berbagai hal seperti penyediaan sumber air, penghasil oksigen, tempat hidup jutaan flora dan fauna serta berperan sebagai penyeimbang lingkungan, serta pencegah pemanasan global. 

Saat ini hilangnya alam beserta dengan atributnya yang diakibatkan oleh penebangan hutan untuk diambil kayunya guna mengubah lahan menjadi non-hutan (deforestrasi) semakin meningkat. Menurut data dari INPE, sebuah badan penelitian asal Brazil, menunjukkan bahwa pada bulan April 2020, deforestasipada hutan hujan Amazon telah meningkat sebanyak 64% dari bulan yang sama tahun sebelumnya. Di masa pandemi COVID-19 ini, penyebab meningkatnya peristiwa peningkatan deforestasi yaitu adanya regulasi karantina wilayah yang menyebabkan mobilitas petugas menjadi terhambat yang menimbulkan kurangnya pengawasan sehingga membuka kesempatan bagi para kelompok kriminal dan oportunis untuk meningkatkan aktivitasnya.

 Jika deforestasi dibiarkan terus-menerus, maka akan mengakibatkan hal yang fatal yaitu fragmentasi hutan yang diakibatkan luas hutan yang terus mengalami penyusutan.  Oleh karena itu, diperlukan solusi yang tepat untuk mengatasi permasalahan deforestasi yang kian parah. Salah satu solusi untuk mengatasi deforestasi tersebut adalah dengan melakukan carbon trading with other country atau perdagangan karbon dengan negara lain.

 

Baca Artikel Lainnya di :

http://bit.ly/ArtikelDeforestrasiIAASLCUB

 

IAAS,
Think Globally Act Locally